6.12.2011

Sinopsis...ing (아이엔지)




Kategori:Film
Jenis      :drama

sutradara: lee eon-hie
pemain: lim su jeong, kim rae-won, lee mi-suk
tahun produksi: 2003

kadang dalam kondisi-kondisi khusus, rasanya lebih baik untuk menikmati apapun yang sedang kita alami saat ini, dari pada memikirkan masa depan yang belum jelas...

meski terasa naif, inilah tema sental yang diusung '...ing', yang diambil dari ciri pola kalimat bahasa inggris yang berstruktur present continuous tense, melambangkan kegiatan yang sedang dilakukan, sekarang. dalam versi korea, judul film ini dieja satu persatu menjadi ai en ji.

kisah berputar antara hubungan yang unik antara ibu dan anak, dimana si anak memanggil ibunya langsung dengan nama (diluar kebiasaan yang berlaku dengan memanggil dengan sebutan omma - ibu dalam bahasa korea) serta hubungan yang terjalin antara si anak (seorang gadis sma) dengan seorang fotografer lepas yang tinggal di apartemen yang sama.

sejak awal, min-ah (si anak gadis) telah terlihat sebagai sosok yang 'istimewa', penyendiri dan memiliki keterbatasan kemampuan fisik sehingga tidak memungkinkan ia untuk beraktivitas dalam kelas olah raga. belakangan juga diketahui bahwa min-ah adalah siswa baru yang masuk ke sekolah di tengah-tengah semester. hal lain yang segera menarik perhatian adalah min-ah selalu mengenakan sarung tangan di tangan kirinya yang tampaknya juga menjadi hal yang membuat dia ber'beda' sekaligus terkucil dari teman-temannya yang lain.

cerita berlanjut dengan datangnya pemuda young-jae yang belakangan diketahui berprofesi sebagai fotografer lepas yang kemudian berusaha menarik perhatian min-ah dengan beragam cara. min-ah awalnya merasa terganggu, tetapi lambat laun bisa menerima keberadaan young-jae dan membuatnya mulai membuka perasaannya dan bahkan mulai merasa jika ia mencintai young-jae. kemudian min-ah juga memutuskan untuk pergi berlibur ke hawaii bersama ibunya dan young-jae untuk melihat penyu laut yang telah membuat dirinya menjadi dekat dengan young-jae.

seiring dengan perkembangan hubungan antara min-ah dan young-jae, sedikit demi sedikit -dengan cara yang tidak terlalu mencolok- latar belakang keluarga min-ah mulai tergambarkan. bahwa ayah min-ah adalah seorang perwira angkatan laut yang telah meninggal, dan min-ah memiliki penyakit khusus yang mengharuskannya keluar masuk rumah sakit sepanjang hidupnya, hingga akhirnya sang ibu memutuskan untuk perawatan jalan bagi min-ah sehingga mereka berdua bisa tinggal bersama. kondisi-kondisi 'spesial' ini juga membuat min-ah tumbuh menjadi seorang gadis yang pendiam dan tertutup, dan hampir tidak memiliki kawan seorangpun selain ibunya sendiri. di sini pula diberikan sedikit petunjuk tentang bagaimana sebenarnya hidup min-ah pun telah mulai berhitung mundur, tanpa dia sendiri mengetahuinya..

meskipun tema-tema kisah romantis antara seorang yang hidupnya tidak lama lagi dengan kekasihnya yang sehat telah banyak diangkat (misalkan sweet november), ..ing mampu menampilkannya dengan caranya sendiri, terlebih ada beberapa plot kejutan di bagian akhir film yang justru makin menambah keharuan (touching moments). salah satunya adalah saat min-ah, setelah seharian mengalami hari bahagia dan jatuh koma, meneteskan air mata dalam kondisi tidak sadar, saat young-jae selesai mengenakan cincin yang dikaitkan dalam gelang ke tangan kiri min-ah (ada kebiasaan di korea bagi tiap pasangan untuk merayakan hari keseratus mereka jadian dengan membeli cincin kembar, sehingga bisa jadi min-ah dan young-jae telah melewatkan 100 hari bersama-sama). dan sedikit di akhir film, akhirnya kita bisa tahu mengapa min-ah selalu mengenakan sarung tangan untuk menutupi tangan kirinya.

min-ah memang akhirnya pergi selamanya, tetapi ..ing tidak memperlihatkan prosesi kematiannya, melainkan melompat ke beberapa saat ke depan, saat ibunya dan young-jae masing-masing mendapatkan kejutan tentang curahan hati min-ah, yang mengatakan bahwa sebenarnya dia juga telah tahu bahwa hidupnya tinggal sebentar, tetapi memutuskan untuk mengisi hari-hari terakhir hidupnya itu dengan kebahagiaan. pesan yang dia tinggalkan pun dikemas dalam cara yang mengharukan: sebuah pesan di buku harian milik ibunya dan serangkaian ilustrasi (visual diary) tentang hari-hari bahagia yang dia lewatkan dengan young-jae.

min-ah mempersembahkan perasaan bahagia yang dia rasakan itu bagi orang-orang yang begitu dekat dengan dia. dan bagi saya pribadi, adalah satu kebahagiaan tersendiri melihat perkembangan karakter dari sosok yang semula introvert dan putus asa menjadi orang yang tegar dalam menghadapi kematian, serta justru berusaha keras membahagiakan orang-orang yang akan dia tinggalkan, dengan memberikan kenangan yang indah dan bahagia.

ada satu dialog yang sangat menyentuh dalam film ini. sebelumnya, dikisahkan bahwa di depan sekolah tempat min-ah belajar ada seorang pria yang secara sukarela menjadi pengatur lalu lintas, mengamankan siswi-siswi yang akan menyeberang. hal itu dia lakukan karena gadis yang dia sukai, yang juga siswi sekolah tersebut mengalami kecelakaan saat menyeberang di sana pada suatu hari yang hujan.

melihat bagaimana si pria tersebut menangis sambil terus mengatur lalu lintas di kala hujan, membuat min-ah begitu emosi. sambil menangis, dia mengatakan pada young-jae, betapa patetik-nya sang pria, kehilangan cinta, sendirian dan menjadi gila karena cinta -mungkin karena min-ah berpikir young-jae akan berada dalam kondisi yang sama- untuk dijawab young-jae yang mengatakan bahwa tampaknya pria itu bahagia, karena mungkin tidak ada orang lain yang mengalami rasa cinta sedalam dirinya. dan dia akan hidup selamanya dengan cintanya yang dalam itu..

mungkin kita memang hanya bisa meninggalkan memori pada orang-orang yang kita sayangi, tetapi selama memori itu memberikan nilai positif dan inspirasi maka hidup kita tidak akan menjadi sia-sia. dan paling tidak, berusaha untuk memandang apa yang kita alami sekarang secara positif akan membuat kita lebih menikmati kehidupan yang kita jalani ini.

Thanks to credit disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.