4.26.2011

Tolong Informasi nya dung tentang Obat digigit anjing


Saya mengcopas isi tanpa apa serta merubahnya.saya hanya berharap bagi teman-teman yang tahu tentang tindakan pertama jika kita digigit anjing tolong dibantu informasinya/share,serta apakah benar tidak ada obat yang evektif untuk mengobati jika kita digigit anjing.saya penyayang kucing/anjing.Untuk kedokter saya sudah konsultasinya tapi masih tahap mencari informasi akurat.Karna disekitar lingkungan saya banyak sekali yang terkena gigitan anjing (sedih dengernya).
Terima kasih atas perhatiannya.(admin)
Perhatian:
Karena saya bukan seorang dokter, maka melalui artikel dan kolom komentar ini bukanlah media yang tepat untuk berkonsultasi, saya hanya berusaha menulis tentang penyakit rabies sejauh yang saya tahu dan yang saya baca dari berbagai sumber. Jikalau anda ingin mengetahui atau berkonsultasi tentang penyakit rabies silahkan anda menemui dokter anda atau anda dapat berkonsultasi online di sini. Terima kasih sebelumnya dan harap maklum.
Setelah beberapa kali belakangan ini, saya membuat postingan yang ecek2, ada baiknya saya kembali menulis postingan yang agak serius. Kali ini saya akan mengetengahkan penyakit rabies yang kemarin baru kebetulan saya baca di sebuah situs, karena menurut saya temanya cukup menarik dan edukatif, maka saya mencari lagi bahan2 bacaan tentang rabies ini di berbagai situs. Hal tersebut cukup untuk membuka mata saya tentang bahayanya penyakit ini jikalau tidak cepat ditangani, terlebih-lebih saya juga mempunyai  seekor kucing dan seekor anjing (buat jaga rumah) yang bersahabat satu sama lain di rumah saya. Pengetahuan tentang rabies ini sangat penting bagi mereka penyayang binatang baik kucing maupun anjing ataupun binatang2 mamalia lainnya yang dapat dijangkiti virus rabies ini.
Rabies ini adalah infeksi virus yang menyerang otak yang ditularkan oleh terutama gigitan binatang2 berdarah panas yang menyebabkan peradangan (inflammation) pada otak dan jaringan syaraf tulang belakang (spinal cord). Dulu dipercaya bahwa penyakit ini hanya ditularkan oleh anjing saja, mangkannya secara salah kaprah penyakit ini sering disebut sebagai penyakit anjing gila. Namun pada kenyataannya virus ini dapat berkembang dengan  sama suburnya di semua binatang berdarah panas seperti kucing, rubah, kelelawar, rakun (raccoon) dan sebagainya. Penularan terjadi lewat kontak antara air liur binatang yang terkena rabies dengan luka binatang atau orang yang digigitnya.
Jikalau anda digigit oleh binatang terutama binatang liar seperti anjing atau kucing, janganlah anggap enteng, periksakanlah dan konsultasikan segera kepada ahli medis atau dokter anda. Binatang yang terlihat sehat belum tentu bebas dari rabies, mungkin saja dia sudah terkena rabies tapi belum memperlihatkan tanda2nya.
Virus Rabies Yang Diperbesar
Seseorang yang tergigit binatang yang tertular rabies, tidak serta merta menunjukkan gejala2 penyakit rabies. Biasanya butuh waktu 30 hingga 50 hari untuk virus tersebut mencapai otak atau jaringan syaraf tulang belakang sejak orang tersebut digigit. Walaupun dalam beberapa kasus ada yang lebih cepat yaitu 10 hari dan juga ada yang lebih dari satu tahun. Semakin dekat lokasi gigitan kepada otak, semakin cepat tanda2 rabies akan muncul.
Gejala rabies umumnya dimulai dengan perasaan depresi, gelisah, perasaan umum akan sakit dan juga demam. Tapi 20% dari penderita rabies biasanya dimulai dengan kelumpuhan (paralisis) di kaki bagian bawah dan terus menjalar naik seiring jalannya waktu. Kegelisahan bertambah yang lalu diikuti dengan perasaan semangat (excitement) yang tak terkendali, dan juga produksi air liur yang berlebih. Kejang2 otot di tenggorokan dan kotak suara terjadi karena rabies menginfeksi bagian otak yang mengatur orang bernafas dan menelan. Kejang2 tersebut dapat terasa sangat menyakitkan. Dan parahnya sedikit angin berhembus saja atau bahkan usaha untuk minum seteguk dapat menyebabkan kejang2 tersebut. Karena itu orang penderita rabies tidak dapat minum sama sekali!! Karena itu penyakit ini secara eufemisme dapat disebut sebagai penyakit hidrofobia (takut akan air)!
Nah, bagi mereka yang digigit oleh binatang2 liar, sebaiknya jangan anggap remeh dan cepat konsultasikan pada dokter anda karena jikalau rabies ternyata menyerang anda maka vaksinasi harus segera diberikan. Apa sebab?? Karena anda berlomba dengan waktu. Jikalau rabies telah menunjukkan tanda2 seperti di atas, maka TIDAK ADA VAKSIN ATAU OBAT YANG EFEKTIF UNTUK MENYEMBUHKANNYA. Vaksin (dan juga pemberian immunoglobulin) rabies hanya efektif ketika rabies belum menyerang otak atau menunjukkan gejala2nya. Jikalau sudah maka tidak banyak lagi yang bisa dilakukan kecuali hanya perawatan2 paliatif yang meringankan sakit penderita saja. Jadi walaupun ada tenggang waktu 30 atau 50 hari bagi virus tersebut untuk mencapai dan menyerang otak anda, jangan ambil resiko, dan jangan tunda, segeralah temui dokter anda. Sebab setelah tanda2 rabies tersebut muncul maka semuanya sudah terlambat……….!! (http://spektrumku.wordpress.com)

1 komentar:

  1. tq infonya ya. sangat bermanfaat. karena saya memelihara 2 ekor anjing di
    rumah.
    ada ngga tenggang waktu untuk korban untuk mendpatkan vaksin?



    BalasHapus

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.