3.30.2011

Tips Perawatan Rambut



Tips Merawat Rambut
Banyak orang melakukan berbagai macam perawatan rambut untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Perawatan rambut memang mampu mengatasi masalah-masalah kerusakan rambut. Sayangnya banyak diantara mereka yang kurang mengetahui dan tidak menyadari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam merawat rambut.
Alih-alih mendapatkan rambut yang sehat dan indah, justru rambut kamu menjadi semakin rusak.
Lalu, apa saja kah tips yang perlu diketahui dalam perawatan rambut?
  1. Kenali jenis rambut kamu, normal, berminyak, atau kering.
    • Rambut normal
      Jika rambut kamu tidak mudah kusut, tidak gampang berminyak, dan mudah diatur, maka rambut kamu bisa digolongkan ke dalam jenis rambut normal.
Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah mencuci rambut dua kali seminggu dengan sampo dan kondisioner khusus untuk tipe rambut normal. Keringkan dengan handuk.
Jika ingin menggunakan blower, blow rambut kamu, namun ingat antara blower dan rambut kamu jangan sampai menempel. Beri jarak sekitar 30 cm. Ini penting tak hanya untuk jenis rambut normal, namun juga jenis rambut lainnya, yaitu rambut berminyak, dan rambut kering.
    • Rambut berminyak
      Jika rambut kamu cenderung berminyak, lengket, dan mudah lepek, maka rambut kamu bisa digolongkan ke dalam jenis rambut berminyak. Rambut berminyak biasa disebabkan oleh stress, pengaruh aktivitas hormonal, masalah dalam kelenjar tiroid, dan sering makan makanan yang terlalu berlemak seperti coklat.
Perawatan yang bisa dilakukan adalah mencuci rambut lebih sering, karena tipe rambut berminyak memang harus lebih sering dicuci. Saat mencuci, gunakan sampo yang lembut dan jangan menggosok-gosok rambut terlalu keras. Menggosok-gosok rambut tidak akan membuat rambut kamu menjadi tidak berminyak lagi. Namun, hal ini justru akan memperparah kondisi rambut kamu dan menyebabkan kerusakan pada folikel rambutmu.
Saat keramas, sebaiknya tidak menggunakan kondisioner, dan akan lebih baik jika kamu menggunakan sampo khusus untuk jenis rambut berminyak. HIndari pula produk perawatan rambut yang mengandung silicon, minyak atau lanolin, serta sampo two in one (sampo + kondisioner). Kamu juga bisa menambahkan lemon ke bilasan akhir, agar rambut terlihat lebih bersinar.
    • Rambut kering
      Jika kamu memiliki rambut yang kering dan bagian ujung rambut cenderung lebih kering dan mudah kusut, maka rambut kamu termasuk ke dalam tipe rambut kering.
Perawatan yang bisa dilakukan adalah mencuci rambut kamu sekitar seminggu sekali dengan sampo khusus untuk jenis rambut kering. Kamu bisa menggunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut saja, jangan sampai mengenai pangkal rambut.
Jika kulit rambut kamu terasa amat kering, gunakan sampo anti ketombe. Berikan pijatan lembut pada kepala dengan sedikit minyak sebelum dibilas.
  1. Hindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam merawat rambut.

    Beberapa kesalahan yang sering timbul adalah :
    • Tidak memotong ujung-ujung rambut kamu tiap 6 minggu sekali.
      Bagian ujung rambut lebih lemah daripada bagian akar. Hal ini cenderung membuat rambut lebih mudah patah dan kusut. Menggunting ujung-ujung rambut tiap 6 minggu sekali akan membantu menjaga kondisi dan mempertahankan gaya rambut kamu.
    • Mencuci rambut setiap hari.
      Terlalu sering mencuci rambut kamu tiap hari akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Jika rambut kamu terlalu berminyak, jangan cuci setiap hari (meskipun untuk tipe rambut ini memang harus agak sering dicuci). Cuci rambut dua hari sekali, dan gunakan sampo ringan dengan PH seimbang. Jangan menggosok-gosok kulit kepala saat mencuci rambut. Hal ini justru akan semakin merangsang kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak lagi.
    • Terlalu keras menggosok rambut dengan handuk saat ingin mengeringkannya.
      Tindakan ini justru akan membuat kulikula rambut kamu menjadi lebih kasar, sehingga rambut menjadi keriting.
    • Masih meninggalkan sisa sampo dan kondisioner di rambut kamu.
      Sampo dan kondisioner yang tidak dibilas dengan bersih akan memperparah kerusakan rambut kamu. Helai rambutmu akan menjadi kusam, rapuh, dan susah diatur. Jadi, pastikan untuk membilas rambutmu sampai bersih setelah keramas.
    • Mengeringkan rambut dengan blower sampai benar-benar kering.
      Terlalu banyak memberikan panas pada rambutmu akan membuat rambut kamu menjadi lebih mudah rusak dan patah. Jika ingin mengeringkan rambut dengan blower keringkan hanya sampai 80 % saja, selebihnya biarkan kering sendiri secara alami. Beri jarak sekitar 30 cm antara rambutmu dengan blower.
    • Tidak menggunakan sampo yang direkomendasikan untuk tiap jenis rambutmu.
      Banyak orang yang salah dalam menentukan jenis rambut mereka termasuk ke dalam tipe rambut yang mana, sehingga salah membeli produk perawatan rambut. Gunakanlah sampo dan kondisioner yang direkomendasikan untuk tiap jenis rambutmu.
    • Tidak menggunakan sampo pembersih setiap seminggu sekali.
      Dimanapun kamu dan apapun aktivitas kamu, tiap hari polutan-polutan menempel di rambut kamu, dan meninggalkan lapisan kotoran di kulit kepala kamu. Gunakan sampo pembersih tiap seminggu sekali untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel

Potongan Rambut Pendek
Berpikir bahwa semua model potongan rambut terbaru pasti cocok untuk kamu.
Jika kamu berpikir demikian maka kamu akan lebih sering mengganti model-model potongan rambut dan hal ini justru akan membebani rambutmu. Pastikan kamu benar-benar mengetahui model potongan rambut yang cocok dengan bentuk wajah dan postur tubuhmu agar kamu tidak terlalu sering memberikan treatmen pada rambutmu.

3.Kenali jenis perawatan untuk rambut
Ada beberapa jenis perawatan rambut :
    • Sampo
      Mencuci rambut dan membersihkan rambut dengan sampo merupakan langkah awal yang paling mudah dan paling diperlukan dalam merawat rambut. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu, dan bisa juga tambahkan kondisioner ke rambut kamu.
    • Creambath
      Memberikan krim nutrisi untuk rambut kamu. Caranya kulit kepala diurut dengan krim bervitamin yang berguna untuk melancarkan peredaran darah. Dilanjutkan dengan sedikit pemanasan (steam) agar vitamin lebih mudah menembus pori-pori dan terserap sampai ke akar rambut.
    • Hair Spa
      Merawat rambut juga dengan pemijatan ringan namun tanpa steam. Perawatan lebih menitikberatkan pada kandungan obat dalam krim berupa vitamin apa yang bisa memaksimalkan perawatan rambut dari akar rambut. Tujuannya untuk merangsang akar-akar rambut dan merelaksasikan kulit kepala
    • Masker rambut
      Ini merupakan salah satu solusi bagi rambut rontok. Berikan hair tonik pada rambut setelah selesai keramas. Tujuannya untuk menguatkan rambut, melancarkan sirkulasi di kulit kepala, dan melembutkan rambut. Kamu bisa menggunakan masker rambut sebagai pengganti kondisioner setiap minggunya.
    • Vitamin rambut
      Pemberian vitamin rambut bertujuan untuk menyehatkan rambut yang kusam, kering, rusak, dan susah diatur.
    • Hair Ozone
      Perawatan ini bertujuan untuk melindungi dan menyehatkan kulit kepala dari gangguan ketombe dan kerontokan.
4.Lakukan perawatan rambut dari luar dan dari dalam.
Sekarang, setelah mengetahui tips seputar perawatan rambut di atas, keinginan untuk memiliki rambut indah dan sehat layaknya bintang-bintang iklan di televisi bukan lagi hanya sebatas impian buat kamu. Miliki rambut idaman mu dan tampillah dengan penuh percaya diri.
semoga bermanfaat bagimu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.