11.03.2011

Lentera hati....PERIKEMANUSIAAN ...Untuk kita Renungkan..?



Minggu siang disebuah mal.Seorang bocah lelaki berumur delapan tahun berjalan menuju kesebuah gerai tempat penjual es krim.Karena pendek,ia terpaksa memanjat untuk bisa "melihat" si pramusaji.Penampilannya yang lusuh sangat kontras dengan suasana hingar bingar mal yang serba wangi dan indah.
"Mbak, sundae cream harganya berapa?" sibocah bertanya
"Lima ribu rupiah," yang ditanya menjawab.
Bocah itu kemudian merogoh recehan duit dari kantung nya.ia menghitung recehan ditelapak tangan dengan teliti.Sementara si pramusaji menunggu dengan raut muka tidak sabar.Maklum,banyak pembeli yang lebih "berduit" ngantre dibelakang pembeli ingusan ini.


"Kalau Plain Cream berapa?"
Dengan suara ketus setengah melecehkan,si pramusaji menjawab, "Tiga ribu lima ratus".
Lagi-lagi si bocah menghitung recehannya."Kalau begitu saya mau sepiring plain cream saja,Mbak".kata sibocah sambil memberikan uang sejumlah es yang diminta.Si pramusaji pun segera mengangsurkan sepiring plain cream.


Beberapa waktu kemudian, si pramusaji membersihkan meja dan piring kotor yang sudah ditinggalkan para pembeli.Ketika mengangkat piring es krim bekas dipakai bocah tadi,ia terperanjat.
Dimeja itu terlihat dua keping uang logam lima ratusan serta lima keping recehan seratusan yang tersusun rapi.Ada rasa penyesalan tersumbat dikerongkongan.Sang pramusaji tersadar,sebenarnya bocah tadi bisa membeli sundai cream.Namun, ia mengorbankan keinginan pribadinya dengan maksud agar bisa memberikan tip bagi si pramusaji.


Pesan moral yang dibawa oleh anak tadi; setiap manusia didunia ini adalah penting.Dimanapun kita wajib memperlakukan orang lain dengan sopan,bermartabat,dan penuh hormat. semoga berkenan.


Mari Ciptakan persahabatan sejati teman
Sedikit kata-kata yang saya kutip dari sebuah buku :
-George Ivanovitch Gurdjieff
Mengatakan : Bila kita menolong orang lain,suatu saat kita akan ditolong.Waktunya mungkin besok,atau seratus tahun lagi.Itulah hukum alam yang sangat sistematis,yakni selalu ada keseimbangan.


-Joseph Wood Krtutch
Mengatakan : Didunia yang dikuasai oleh logika dan tidak mengindakan perasaan,amat diperlukan komedi.

1 komentar:

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.