3.29.2011

DULU...PAKAI BIKINI SEMBUNYI SEMBUNYI LOH

Itu yang terjadi di AS pada dasawarsa 1950-an,setelah "penemuan baju renang baru" di Paris 1946 dipubilkasikan.
Semula baju bertali tali yang hanya menutupi bawah pusar dan buah dada perempuan itu dikecam karena dianggap bertentangan dengan konservatisme Amerika.Ketika pantai -pantai italia,spanyol,prancis,Brasil ramai oleh pe-rempuan berbikini,dipantai Amerika,menampakkan pundak saja dianggap tidak sopan.
Tapi tak sedikit perempuan AS diam-diam menyukai nya.Rupanya yang berbikini diluar AS bisa jadi orang Amerika juga.sebab seusai PD II perekonomian AS membaik hingga memakmurkan warganya.
Mereka menjadi turis dimancanegara sambil mencari kebebasan berbikini.Yang tidak melancong, ya berbikini dihalaman belakang rumah,atau dikolam renang pribadi.


Asal tahu saja,jumlah kolam renang pribadi AS meningkat dari 2.500 (pada 1949) menjadi 85.00 (sampai 1959).Majalah Newsweek dalam satu edisi ditahun 1958 menyindir :"Bikini adalah komoditas kontroversi.Dikecam,diboikot,namun laris diperdagangkan.Tiras penjualannya hanya terpaut sedikit dengan bacaan mesum Lady chatterly's lover".


Untung,kemunafikan Amerika tidak berlanjut karena pelan-pelan masyarakat menerima.Untuk itu mereka patut berterimakasih kepada dua orang pionir asal prancis.Ditulis didalam Great Events from history II vol.3 (1993),orang pertama adalah perancang busana jacques Heim,yang pada musim panas 1946 menjajakan pakaian renang perempuan di Pantai Cannes.Ia menamai celana dan kutang itu "Atome" untuk menunjukan ukurannya yang kecil.Ia mengiklankannya dalam spanduk yang diikat pada pesawat terbang bertuliskan "Atome-pakaian renang terkecil didunia".


Tiga minggu kemudian,ulah Heim diasingi Louis Reard,Insinyur mesin yang alih profesi menjadi perancang pakaian renang.ia juga menerbangkan slogan produknya :"Bikini-Lebih kecil daripada pakaian renang terkecil didunia".


Reard cukup agresif.Pada Juli 1946 ia menggelar peragaan karyanya ditepi kolam renang Piscine Molitor ,Paris.Reard mengontrak penari bugil Micheline Bernardini untuk memperagakan "bikini".


Rupanya ,acara itu sukses.Malah berbuntut kehebohan.International Herald Tribune menurunkan sembilan tulisan tentang bikini,seraya membahas kemungkinannya diterima AS.
Tahun 1950-an,Majalah Harper's Bazaar dan Esquire mempublikasikan foto model nomor satu di AS,Suzy Parker,memakai bikini.kemudian dunia hiburan juga ikut.Tahun 1960 lagu itsy Bitsy teenie weenie yellow polkadot bikini,masuk daftar tangga lagu populer.
Hollywood juga mengedarkan film Where the Boy's Are,kisah mahasiswa dengan aktivitas pikniknya di pantai Fort Lauderdale,Florida.


Pada 1970-an,perputaran uang disektor bisnis busana renang mencapai AS $ 200 juta/tahun,dan bikini menyedot 20%-nya.


Kenapa dinamai "Bikini"??
sampai perancangnya meninggal dalam usia 87 tahun pada 1984,tak banyak yang terkuak.Orang menduga duga nama itu dipilih untuk menunjukkan pulau atol kecil dipasifik bernama "Bikini" yang hancur karena dijadikan pusat pengujian bom nuklir AS pada 1946.Dugaan lain,nama "bikini" ditujukkan kepada besarnya dampak kehadiran pakaian renang itu pada peta busana dunia.Bikini adalah ledakan didunia fashion.


Bikini,sekalipun jadi fenomena abad ke-20,sesungguhnya bentuk primitifnya sudah lama ada.Gambar perempuan mengenakan penutup badan mirip berbikini pada lukisan dinding di Mino,dekat pulau Kreta,Yunani,buatan tahun 1600 SM,adalah bukti tertua.
Pada 1952 ,arkeolog italia juga menemukan mosaik bergambar delapan perempuan sedang gerak badan,mengenakan semacam celana dan kutang penutup buah dada,pada vila bergaya Romawi buatan tahun 400 dipulau sisilia.


Bikini,diluar mitosnya,telah ada jauh sebelum menghebohkan kota paris pada tahun 1946 itu.


catatan : Mohon maaf untuk fhoto tidak saya tampilkan,makasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.