3.29.2011

CINTA MELAYU DIJAMBI

Peta Jambi
Sungai melayu jambi

Orang yang tengah dilanda asmara harap berhati-hati bila berkunjung kecandi muara Jambi dikabupaten Muara jambi.
Candi Muara jambi
Musababnya,masyarakat setempat percaya bahwa muda-mudi yang berpacaran disekeliling nya justru akan mengalami putus cinta.
Mengapa demikian? Bila berkunjung kekompleks candi yang ditemukan Snicther pada abad ke XIX ini,orang akan mendekati sungai melayu.Sungai ini mengalir disekeliling candi melalui belasan anak sungainya.Dari nama anak sungai yang konon pernah menjadi pusat Kerajaan Melayu Kuno itulah mitos tersebut berasal.Cinta yang tengah bersemi seketika "melayu" jika melintasi sungai ini,karena sang kekasih biasanya akan melayu.

wah,kalau aku sih nggak tahu ya percaya atau tidak,tapi aku lebih suka lihat tradisi masyarakat disini,tarian adat mereka sangat indah.

Memang secara gramatikal,kata "melayu" berasal dari kata "layu" dengan prefiks "me-" sehingga menjadi "melayu" artinya menjadi layu.Masuk akal jika cinta yang semula tumbuh subur menjadi layu.selain itu,"melayu" (atau mlayu) dalam bahasa Jawa bukankah artinya "lari"?

Jadi,bila ke Candi Muara jambi lebih baik pergi berombongan,bukankah dengan pergi beramai-ramai risiko "kecelakaan"  bisa dihindari?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

-Silahkan berkomentar,Mohon ditulis nama,jangan anonim,untuk mengetahui siapa.trims berat^^-

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.